lagi lagi Viral…! Nikah 2020 wajib memiliki sertifikat, Sudah Siap Nikah?

Hai para sahabat afida… ada yang tau ngga berita yang baru viral kali ini? Yups pemerintah mewajibkan para pasangan yang hendak menikah memiliki sertifikasi layak nikah untuk seluruh wilayah Indonesia.

Wah wah viral nih guys, kalo nikah tahun 2020 harus punya sertivikat dulu. Wah sekolah lagi nih hehe. Mmm mulai denger kata sertivikat udah pasang pala pusing aja wkwkwk. Bagi para kaula muda masa kini nih, yang udah kebelet mau kawin. Ada? Oke nggapapa asal udah siap mental aja, materi mah bisa dicari sambil jalan. Gitu sih kata para tetua milenial.

Ya memang benar sih kata mereka, tapi ada kala lebih baiknya ketika bukan hanya mental saja yang telah siap materi, nah kan kalo sudah siap semua kan enakn guys. Terutama masa kini nih banyak kan oknum eh katakana saja someone yang lulus dapet ijasah juga dapet ijab sah. Hehehe. Bahkan banyak bukan hanya itungan jari juga.

Seiring dengan angka pernikahan dini yang tinggi, maka terhitung pula angka perceraian yang tinggi. Di sebutkan bahwa pasca revormasi politik Indonesia tahun 1998, tingkat perceraian keluarga Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan pada data tahun 2016 misalnya, angka perceraian mencapai 19,9% dari 1,8 juta peristiwa.

Memang sebuah pernikahan merupakan suatu ikatan yang sacral. Namun layaknya air laut yang pasang surut dalam kehidupan. Tak dapat dihindari ketika badai menhadang. Acapkali tak dapat dipungkiri bahwa seringkali mahligai rumah tangga harus terhempas.

Ada juga berdasarkan data yang dikutip detik.com dari website mahkamah agung (MA) bahwa sebanyak 419.268 pasangan bercerai sepanjang 2018 lalu. Terhitung dari angka tersebut, inisiatif perceraian paling banyak terjadi dari pihak perempuan yaitu 307.778 perempuan. Sedangkan jika dikatakan dari pihak laki-laki sebanyak 11.490 orang.

Itupun menurut catatan pasangan muslim, belum termasuk pasangan non muslim. Ada juga loh dari pengadilan agama di Indonesia memberikan dispensasi nikah sebanyak 13.251 permohonan. Untuk siapakah dispensasi ini diberikan? Bagi anak-anak yang ingin menikah di usianya yang dipersyaratkan UU perkawinan ( 16 tahun bagi perempuan dan 19 tahun bagi laki-laki ).

Maka dari berbagai peristiwa tersebut pemerintah kini pada tahun 2020 memberikan peraturan baru, yakni mempunyai sertivikat lebih dahulu, tahu kah sahabat afida apa saja spek yang ada dalam peraturan tersebut? Bukan seperti ujian akhir semester seperti di sekolah ataupun ukk di kampus ya guys.

Dalam mendapatkan sertivikat ini, calon pengantin hanya melakukan dua tes, yakni;

-tes kesehatan

– tes konseling

Tahu ngga tujuan dari program ini itu apa? Nah jadi tujuan dari wajibnya sertivikat layak nikah ini adalah untuk menciptakan pasangan yang benar-benar sudah siap untuk menikah. Sehingga tidak akan memicu tingkat perceraian di Indonesia ini semakin meningkat.

Artikel aslinya di Post pada : January 13, 2020 @ 2:20 pm

Chat Afida
Butuh bantuan?
Sahabat Afida, Mau info harga paket ?
Silahkan chat kami yaa
Powered by